Jasa Artikel Premium

Edukasi merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Karena pada dasarnya usia ketika masih kecil adalah sebuah awal dari tahap pembelajaran untuk membentuk dirinya hingga kelak ia tumbuh dewasa. Oleh karena itu penting untuk memberikan pendidikan kepada anak sejak dini.

Pendidikan penting yang dapat diberikan kepada buah hati Anda salah satunya adalah mengajarkan dan mengenalkan ia tentang cara mengelola keuangan yang baik. Saat ini masih banyak buah hati yang masih belum terlalu memahami tentang bagaimana cara mengelola uang dengan baik. Kira-kira apa saja tahapan mengenalkan pengelolaan keuangan uang pada anak yang baik dan benar? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Melalui permainan dan contoh secara langsung

Dekat dengan buah hati secara emosional sejak mereka lahir merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Hal tersebut diperlukan agar mereka bisa merasakan keamanan dan kenyamanan batin maupun secara fisik.

Merawat buah hati dengan penuh cinta dan kasih sayang, perhatian dan dukungan yang selalu diberikan adalah cara yang paling tepat untuk dilakukan. Saat baru lahir dan masih direntang usia 0-7 tahun, otak dan pikiran mereka mulai berkembang dengan baik dan biasanya saat inilah mereka merekam segala hal dan tindakan yang mereka lihat dan alami meskipun belum semua mereka pahami.

Mengetahui hal tersebut, maka pengenalan tentang pengelolaan keuangan untuk buah hati Anda dapat dilakukan melalui berbagai macam permainan atau menyaksikan tontonan yang bersifat edukatif, bercerita sebelum mereka tidur serta pemberian contoh langsung pada mereka.

Hal ini dapat dilakukan orang tua dengan bersedekah kepada orang yang membutuhkan. Selain itu bisa mengajak buah hati Anda untuk ikut berbelanja dan memberikan arahan untuń∑ membeli barang prioritas. Memperlihatkan mereka saat mencatat pemasukan dan pengeluaran keuangan juga termasuk hal yang dapat diterapkan.

Melalui sikap disiplin

Selanjutnya pada usia sekitar 7-14 tahun merupakan masa dimana si kecil akan beranjak usia remaja, maka pada usia inilah orang tua bisa mulai memberikan sedikit hukuman apabila mereka melakukan suatu kesalahan.

Hal ini bisa diartikan bahwa saat usia antara 7-14 tahun, anak-anak mulai mampu memahami antara mana perbuatan yang baik dan benar serta mana perbuatan yang buruk dan salah. Selain itu orang tua juga harus memberikan pengetahuan tentang cara membedakan kedua hal tersebut.

Di rentang usia ini juga merupakan usia dimana buah hati Anda sedang mengalami masa keemasan. Mereka secara perlahan mampu menjelaskan apa saja hal yang baik dan benar serta hal yang buruk dalam mengelola uang untuk bekal yang akan mereka bawa sampai dewasa nanti. Pada masa tersebut juga merupakan fase dimana mereka mampu membiasakan dirinya untuk menerapkan apa yang telah diajarkan.

Disaat ini juga dapat diperkenalkan sebuah konsep bahwa, mereka akan menerima kompensasi apabila mereka sudah melakukan pekerjaan dengan baik. Selain itu orang tua juga dapat mengajak mereka menabung dan bertanggung jawab untuk mengatur pengeluaran atas uang saku miliknya. Cara yang terakhir untuk memberikan edukasi pada buah hati Anda yaitu dengan membiasakan mereka untuk peduli terhadap orang sekitar yang kurang mampu.

Melalui sharing dan Pemberian Kebebasan

Saat memasuki usia 15-21 tahun, bukan saat yang optimal lagi bagi para orang tua untuk memberikan contoh dan sifat disiplin kepada mereka. Sifat dan karakter anak telah terbentuk serta mengalami perkembangan yang lebih baik. Pada usia ini, mereka mulai mencari dan membutuhkan penjelasan yang rasional. Menuju tahap dewasa, mendorong mereka untuk menentukan keputusannya sendiri.

Pada masa ini, orang tua disarankan untuk menjadi sahabat untuk mereka. Oleh karena itu, mereka juga dapat diperkenalkan tentang pengelolaan keuangan dengan cara pendekatan melalui sharing dan pemberian kebebasan.

Dengan kata lain pada masa ini orang tua bisa memposisikan diri sebagai sahabat untuk saling bertukar pikiran dan juga memberikan kebebasan namun tetap diiringi semangat dan dukungan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *